Selasa, 26 Mei 2020

ASPEK KEUANGAN



   1  Biaya Produksi
Biaya produksi merupakan bagian keseluruhan faktor produksi yang dikorbankan dalam proses produksi untuk menghasilkan produk. Biaya produksi dihitung berdasarkan jumlah produk yang siap dijual. Biaya produksi sering disebut dengan ongkos produksi. Perngertian biaya produksi adalah keseluruhan biaya yang dikorbankan untuk menghasilkan produk hingga produk itu sampai di pasar atau ke tangan konsumen.
a.    Komponen Biaya Produksi. Berdasarkan komponen penyusunnya, biaya produksi meliputi unsur-unsur sebagai berikut.
           1)      Bahan baku atau bahan dasar, termasuk setengah jadi
           2)      Bahan-bahan pembantu atau bahan penolong
           3)      Upah tenaga kerja tidah terdidik dan tenaga kerja terdidik
           4)      Penyusutan peralatan produksi
           5)      Bunga modal
           6)      Sewa  (gedung atau peralatan lain)
           7)      Biaya pemasaran
           8)      Pajak perusahaan
      b.    Jenis-Jenis Biaya Produksi. Penggolongan jenis-jenis biaya produksi dapat dikelompokan menjadi sebagai berikut.
          1)        Biaya tetap (fixed cost)
          2)        Biaya variabel (variabel cost)
          3)        Biaya total (total cost)
          4)        Biaya rata-rata (average cost)
          5)        Biaya marjinal (marginal cost)

   2  Pengertian Biaya
Dalam ilmu ekonomi biaya adalah semua pengorbanan yang perlu untuk suatu proses produksi, dinyatakan dalam uang menurut harga pasar yang berlaku. Terdapat empat unsur yang perlu diperhatikan sebagai berikut.
a.       Pengorbanan. Pengorbanan yang sesungguhnya adalah pemakaian faktor-faktor produksi atau sumber-sumber ekonomi.
b.      Pengorbanan yang perlu untuk produksi. Yang dihitung sebagai biaya hanyalah pengorbanan yang perlu saja, artinya yang tidak dapat dihindarkan.
c.       Dinilai dalam uang. Semua biaya produksi dinilai dalam uang. Pengeluaran yang memang harus dibayar dengan uang sudah dengan sendirinya termasuk biaya produksi tetapi tidak dibayar dengan uang.
d.      Menurut harga pasar yang berlaku. Harga yang harus dibayar sekarang kalai membeli yang sama lagi. Penentuan besarnya biaya dalam kalkulasi harga pokok adalah harga pasar yang berlaku sekarang.

   3  Biaya Pembuatan Produk
Biaya pembuatan produk merupakan bagian dari biaya produksi. Perusahaan manufaktur membagi biaya produksi ke dalam tigas kategori sebagai berikut.
a.       Bahan langsung (direct material) merupakan bahan yang digunakan untuk menghasilkan produk jadi. Bahan baku berkaitan dengan semua jenis bahan yang digunakna dalam pembuatan produk.
b.      Tenaga kerja langsung (direct labor) merupakan istilah untuk biaya tenaga kerja yang dapat ditelusuri dengan mudah ke produk jadi.
c.       Biaya overhead pabrik (manufacturing overhead) merupakan biaya yang mencakup seluruh biaya produksi yang tidak termasuk dalam bahan langsung dan tenaga kerja langsung.

   4  Harga Pokok Standar
Harga adalah tingkat kemampuan suatu barang untuk ditukar dengan barang lain atau uang. Harga pokok dalam pengertian ekonomi adalah keseluruhan biaya yang dikorbankan untuk memperoleh suatu barang dan jasa. Tujuan perhitungan harga pokok adalah sebagai berikut.
a.         Sebagai pedoman untuk menentukan harga jual
b.         Untuk menilai efisiensi perusahaan
c.         Untuk menilai barang-barang yang dimiliki perusahaan dengan menggunakan ukuran uang
Harga pokok standar atau biaya standar adalah biaya yang ditentukan dimuka, yang merupakan biaya yang seharusnya untuk membuat satu satuan produk atau ntuk membiayai kegiatan tertentu, dibawah kondisi asumsi ekonomi, efisiensi, dan faktor-faktor tertentu lainnya,

   5  Penentuan Harga
Penentuan harga jual berhubungan dengan kebijakan penentuan harga jula (pricing polities) dan keputusan penentuan harga jual (pricing decisions). Kebijakan penentuan harga jual merupakan pernyataan sikap manajemen terhadap penentuan harga jual produk atau jasa. Keputusan penentuan harga jual merupakan penentuan harga jual produk atau jasa yang umumnya dibuat untuk jangka pendek yang dipengaruhi oleh penentuan harga jual, pemanfaatan kapasitas dan tujuan perusahaan.

Sumber:
Widjajanta, Bambang dan Aristanti Widyaningsih. 2007. Mengasah Kemampuan Ekonomi. Bandung: Citra Praya.
Gilarso. 2003. Pengantar Ilmu Ekonomi Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Ramdhani, Dadan. Merida. Ai Hendrani. dan Suheri. 2020. AKUNTASI BIAYA (KONSEP DAN IMPLEMENTASI DI INDUSTRI MANUFAKTUR). Yogyakarta: CV Markumi.
Prishardoyo, Bambang. Agus Trimarwanto dan Shodiqin. Pelajaran Ekonomi SMP Kelas 2. Grasindo.
Arifin, Johar.2007. Seri Solusi Bisnis Berbasis TI: Aplikasi Excel untuk Akuntansi Manajemen Modern. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar