Jumat, 22 Mei 2020

PEMBIAYAAN USAHA BARU



   1 Masalah dalam Pencarian Modal Usaha
Dalam pencarian modal usaha tentunya akan menemui masalah-masalah didalamnya mulai dari masalah yang mengarah pada sistem bisnis maupun akan kebutuhan suatu modal. Berikut merupakan masalah yang sering ditemui dalam pencarian modal usaha, yaitu.
a.       Kurangnya ketajaman bisnis atau pengalaman usaha
b.      Kinerja atau konsep perusahaan yang meragukan
c.       Kegagalan perusahaan untuk menindaklanjuti
d.      Preferensi dari pemodal
e.       Kurangnya hubungan dengan sumber-sumber modal

   2 Pembiayaan Bisnis
Pembiayaan bisni sangat mengutamakan biaya yang berhubungan langsung dengan sistem transaksi barang atau jasa dan sebelum melakukan pembiayaan bisnis, perlu dilakukan suatu identifikasi sebagai berikut.
a.         Identifikasi usaha yang akan dijalankan
b.         Identifikasi sumber pembiayaan
c.         Menetapkan prioritas bisni
Identifikasi sumber pembiayaan terbagi dua, yaitu.
a.       Internal (modal perusahaan)
b.      Eksternal (investor, kredit bank)
Untuk mengembangkan suatu bisnis diperlukan pendanaan. Berikut merupakan tiga tahap pendanaan dalam pengembangan bisnis.
a.       Pendanaan tahap awal
b.      Pendanaan ekspansi atau perkembangan
c.       Pembiayaan akuisisi dan leveraged buyouts.

   3 Mencari Sumber Pemodalan
Pelaksanaan penilaian kelayakan usaha sangat diperlukan sebelum melakukan pencarian sumber pemodalan. Pencarian sumber modal berasal dari:
a.       Modal perusahaan
b.      Modal patungan (perusahaan dan investor)
c.       Modal dari investor
d.      Modal pinjaman dari bank
Menjalin hubungan yang baik dengan pemilik modal sangat penting karena pemilik modal adalah seseorang yang memiliki pengaruh terhadap kelangsungan suatu usaha. Berikut merupakan cara menjalin hubungan dengan pemilik modal.
a.      Harus ada struktu kesepakatan antara perusahaan dan pemilik modal
b.      Membina hubungan baik jangka pendek maupun jangka panjang
c.  Melaksanakan tanggung jawab dengan baik, terutama dalam mengembalikan   modal.

   4 Analisa Peluang Pokok dan Penilaian Perusahaan
Analisa peluang pokok merupakan suatu teknik untuk menentukan volume penjualan yang harus dicapai untuk mendapatkan posisi impas. Unsur dasar analisa peluang pokok yaitu:
a.         Biaya tetap
b.         Biaya variabel
c.         Biaya total
d.         Pendapatan total
e.         Keuntungan
f.          Kerugian
g.         Titik pulang pokok
Penilaian perusahaan dilakukan terhadap kinerja manajemen termasuk kepada seluruh anggota perusahaan. Penilaian hasil usaha dilakukan dengan melihat evaluasi pada laporan perusahaan, seperti:
a.       Laporan laba/rugi
b.      Laporan neraca
c.       Laporan perubahan modal
d.      Laporan arus kas

         Sumber:
Sukmadi. 2016. INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN: Edisi Paradigma Baru Kewirausahaan. Bandung: Humaniora Utama Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar