Kamis, 21 Mei 2020

ASPEK PEMASARAN



   1  Analisis Pasar
Analisis pasar merupakan suatu penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis ini menyangkut lokasi pasar, luas pasar, sifat pasar, dan karakteristik pasar. Ketepatan strategi pemasaran yang diterapkan dengan memperhatikan dasar dan kondisi dari analisis pasar merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha. Dalam menganalisis pasar, perlu dilakukan peninjauan jenis pasar produknya, motif dan perilaku, segmentasi dan penentu sasaran pasarnya.

   Segmentasi, Targeting, dan Positioning
Philip Kotler menyatakan bahwa segmentasi merupakan satu kesatuan dengan targeting dan positioning. Proses tersebut merupakan bagian dari kegiatan penciptaan dan penyampaian nilai pada konsumen. Segmentasi pada dasarnya merupakan suatu strategi untuk memahami struktur pasar. Segmentasi merupakan sesuatu yang bersifat dinamis. Targeting merupakan persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar. Jika targeting telah dilaksanakan dengan baik lalu dilanjutkan dengan positioning. Positioning merupakan suatu strategi untuk memasuki jendela otak konsumen.

   3 Forecasting
Forecasting merupakan alat yang digunakan untuk membuat estimasi jumlah permintaan (demand). Terdapat dua pendekatan yang dipakai untuk membuat peramalan suatu bisnis, yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan pendekatan model matematik dengan data yang bersifat historis dan kausal. Analisis kualitatif menggunakan pendekatan yang bersifat subjektif dan berhubungan dengan pengambilan keputusan. Namun saat ini banyak perushaan yang menggabungkan kedua pendekatan tersebut untuk menentukan jumlah permintaan.

   4 Strategi Pemasaran
Pemasaran adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan oleh individu maupun sekelompok orang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. strategi pemasaran merupakan serangkaian tujuan dan sasaraan kebijakan dan aturan yang memeberi arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu pada masing-masing tingkatan dan acuan serta lokasinya, terutama sebagai tanggapan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah. Terdapat empat unsur pokok dalam konsep pemasaran, yaitu orientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen, kepuasan konsumen, kegiatan pemasaran yang terpadu, dan tujuan perusahaan.

    4D (Product, Place, Promo, and Price)
    Setelah mengatahui strategi pasar, langkah selanjutnya adalah mengetahui pasar target dan bauran pemasarannya. Pasar target merupakan sekelompok konsumen yang homogen dan ingin ditarik oleh perusahaan. Sedangkan bauran pemasaran merupakan variabel-variabel yang akan diawasi dan disusun oleh perusahaan untuk memuaskan kelompok yang ditarget. Terdapat empat variabel dasar dalam bauran pemasaran yaitu product (produk), place (tempat), promotion (promosi), dan price (harga). Produk merupakan barang atau jasa maupun kombinasi keduanya yang di tawarkan kepada konsumen. Produk berkaitan dengan kebutuhan target. Tempat berkaitan dengan meraih target yaitu semua keputusan dalam membawa produk ke wilayah pasar target. Suatu produk tidak akan banyak guannya jika tidak tersedia pada waktu dan tempat yang dibutuhkan. Promosi berkaitan dengan memberi tahu pasar target dan menjual kepada pelanggan. Promosi dapat diartikan untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada. Setelah merancang ketiga variabel tersebut selanjutnya merupakan harga. Penentuan harga harus mempertimbangkan jenis kompetisi pasar target dan biaya keseluruhan bauran pemasaran.



Sumber :
Cannon, P. Joseph, William D Perreault, dan Jerome McCarthy. 2008. PEMASARAN DASAR Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Firmansyah, M. Anang dan Anita Roosmawarni. 2020. KEWIRAUSAHAAN (Dasar dan Konsep). Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Kasali, Rhenald. 2007. MEMBIDIK PASAR INDONESIA Segmentasi, Targeting, dan Positioning, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Raharjo, Tri Weda dan Herrukmi Septa Rinawati. 2019. Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Rangkuti, Freddy. 2000. BUSINESS PLAN Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar