1 Analisis Pasar
Analisis pasar merupakan suatu penyelenggaraan untuk
mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis ini menyangkut lokasi pasar, luas
pasar, sifat pasar, dan karakteristik pasar. Ketepatan strategi pemasaran yang
diterapkan dengan memperhatikan dasar dan kondisi dari analisis pasar merupakan
salah satu kunci keberhasilan usaha. Dalam menganalisis pasar, perlu dilakukan
peninjauan jenis pasar produknya, motif dan perilaku, segmentasi dan penentu
sasaran pasarnya.
2 Segmentasi, Targeting, dan Positioning
Philip Kotler menyatakan bahwa segmentasi merupakan
satu kesatuan dengan targeting dan positioning. Proses tersebut merupakan
bagian dari kegiatan penciptaan dan penyampaian nilai pada konsumen. Segmentasi
pada dasarnya merupakan suatu strategi untuk memahami struktur pasar. Segmentasi
merupakan sesuatu yang bersifat dinamis. Targeting
merupakan persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar. Jika
targeting telah dilaksanakan dengan
baik lalu dilanjutkan dengan positioning.
Positioning merupakan suatu strategi
untuk memasuki jendela otak konsumen.
3 Forecasting
Forecasting merupakan alat yang digunakan untuk
membuat estimasi jumlah permintaan (demand).
Terdapat dua pendekatan yang dipakai untuk membuat peramalan suatu bisnis,
yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif
menggunakan pendekatan model matematik dengan data yang bersifat historis dan
kausal. Analisis kualitatif menggunakan pendekatan yang bersifat subjektif dan
berhubungan dengan pengambilan keputusan. Namun saat ini banyak perushaan yang
menggabungkan kedua pendekatan tersebut untuk menentukan jumlah permintaan.
4 Strategi Pemasaran
Pemasaran adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan
oleh individu maupun sekelompok orang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen. strategi pemasaran merupakan serangkaian tujuan dan sasaraan
kebijakan dan aturan yang memeberi arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu
ke waktu pada masing-masing tingkatan dan acuan serta lokasinya, terutama
sebagai tanggapan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang
selalu berubah. Terdapat empat unsur pokok dalam konsep pemasaran, yaitu
orientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen, kepuasan konsumen, kegiatan
pemasaran yang terpadu, dan tujuan perusahaan.
5 4D (Product,
Place, Promo, and Price)
Setelah mengatahui strategi pasar, langkah selanjutnya
adalah mengetahui pasar target dan bauran pemasarannya. Pasar target merupakan
sekelompok konsumen yang homogen dan ingin ditarik oleh perusahaan. Sedangkan bauran
pemasaran merupakan variabel-variabel yang akan diawasi dan disusun oleh
perusahaan untuk memuaskan kelompok yang ditarget. Terdapat empat variabel
dasar dalam bauran pemasaran yaitu product
(produk), place (tempat), promotion (promosi), dan price (harga). Produk merupakan barang atau jasa maupun kombinasi keduanya yang
di tawarkan kepada konsumen. Produk berkaitan dengan kebutuhan target. Tempat
berkaitan dengan meraih target yaitu semua keputusan dalam membawa produk ke
wilayah pasar target. Suatu produk tidak akan banyak guannya jika tidak
tersedia pada waktu dan tempat yang dibutuhkan. Promosi berkaitan dengan
memberi tahu pasar target dan menjual kepada pelanggan. Promosi dapat diartikan
untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada. Setelah
merancang ketiga variabel tersebut selanjutnya merupakan harga. Penentuan harga
harus mempertimbangkan jenis kompetisi pasar target dan biaya keseluruhan
bauran pemasaran.
Sumber :
Cannon, P. Joseph, William D
Perreault, dan Jerome McCarthy. 2008. PEMASARAN
DASAR Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Firmansyah, M. Anang dan Anita
Roosmawarni. 2020. KEWIRAUSAHAAN (Dasar
dan Konsep). Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Kasali, Rhenald. 2007. MEMBIDIK PASAR INDONESIA Segmentasi,
Targeting, dan Positioning, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Raharjo, Tri Weda dan Herrukmi Septa
Rinawati. 2019. Penguatan Strategi
Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Surabaya: CV.
Jakad Publishing.
Rangkuti, Freddy. 2000. BUSINESS PLAN Teknik Membuat Perencanaan
Bisnis dan Analisis Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar