Kamis, 21 Mei 2020

CARA MENYUSUN RENCANA BISNIS



   Ringkasan Eksekutif
Ringkasan eksekutif (Executive Summary) merupakan ringkasan yang menjelaskan garis besar rencana bisnis atau poin-poin kerjasama yang akan dibangun. Ringkasan eksekutif biasanya ditujukan untuk proposal bisnis atau dapat juga digunakan untuk merekrut tenaga ahli dalam sebuah institusi. Oleh karena itu, isi dari sebuah ringkasan eksekutif harus mencakup poin-poin utama seperti latar belakang, deskripsi singkat, masalah yang diselesaikan, target pasar serta proyeksi keuangan ke depan. Selain itu, konten dari ringkasan eksekutif harus menyesuaikan ciri khas perusahaan. Tujuan ringkasan eksekutif adalah untuk memberikan gambaran perencanaan pelaksanaan secara komprehensif terhadap pembacanya.

   2  Peluang Usaha
Peluang usaha adalah kesempatan yang muncul akibat ketidakmampuan konsumen atau pasar untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Konsumen atau pasar yang dimaksud adalah orang, lembaga/institusi, serta masyarakat umum yang membutuhkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Teknik sederhana untuk menemukan peluang usaha dapat dilakukan dengan cara mengamati kebutuhan masyarakat sekitar, melakukan observasi terhadap berbagai sumber daya yang ada untuk usaha, mencari peluang usaha dari media, melakukan kerjasama dengan usaha yang telah ada, mengembangkan hobi yang disenangi untuk bisnis, serta mencari informasi dari teman sekaligus membangun relasi bisnis.

   3  Pemasaran
Kegiatan bisnis bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara transfer barang maupun jasa ke pasar atau langsung ke konsumen. Pembelian berulang menjadikan pendapatan semakin besar. Proses penciptaan nilai tersebut dilakukan melalui kegiatan pemasaran terpadu atau yang strategi pemasaran. Strategi pemasaran mengombinasikan berbagai hal terkait pemasaran dengan melakukan kegiatan yang saling terkait antara penetapan produk, harga, distribusi, dan promosi. Semua aktivitas pemasaran diarahkan untuk memengaruhi konsumen agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan dan memberikan kepuasan terhadap konsumen.

   Konsep Produk
Terdapat dua falsafah konsep produk. Pertama, falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau serta manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi dan efisiensi distribusi. Konsep ini masih berlaku dan bermanfaat jika dalam dua situasi yaitu bila permintaan akan produk lebih besar dari penawarannya, yang kedua terjadi jika biaya produk terlalu tinggi dan perbaikan produktivitas diperlukan untuk menurunkannya. Falsafah yang kedua adalah konsumen menyukai produk bermutu terbaik dan sifat paling inovatif danbahwa organisasi harus mencurahkan energy untuk terus menerus melakukan perbaikan.  
5.      Produk dan Teknologi
Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam ilmu marketing, dapat berupa apapun yang dapat ditawarkan ke pasar dan dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen. Produk berasal dari bahasa Inggris yaitu product yang memiliki arti sebagai sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya.
Teknologi dapat diartikan sebagai barang yang dihasilkan oleh kegiatan manusia. Pengertian ini merupakan definisi yang paling sempit, sesuai dengan akar katanya yang berasal dari bahasa Yunani yaitu teche yang berarti seni kerajinan dan logia yang berarti perkataan. Teknologi dapat diartikan dari proses kegiatan manusia yang menjelaskan kegiatan pembuatan suatu barang buatan tersebut. Teknologi dapat juga diartikan sebagai kegiatan manusia dalam merencanakan dan menciptakan benda-benda yang bernilai praktis.

   6 Aspek Hukum dan Peraturan
Hokum ekonomi merupakan sebuah keseluruhan kaidah-kaidah hokum yang sifatnya mengatur dan mempengaruhi kehidupan perekonomian nasional suatu negara termasuk masyarakatnya. Hokum ekonomi dapat bersifat privat atau publik, tertulis dan tidak tertulis. Hokum bisnis atau business law atau dalam bahasa Belanda bestuur rechts merupakan sebuah kaidah hokum yang didalamnya mengatur segala kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan perdagangan, industri atau keuangan yang berkaitan dengan produksi, pertukaran barang atau pun distribusi. Kansil (2011) mengemukakan bahwa hukum dapat digolongkan menjadi beberapa golongan yaitu sumber, bentuk, tempat berlakunya, waktu berlakunya, cara mempertahankan, sifat, wujud, maupun isi.

   7 Aspek Lingkungan dan AMDAL
Lingkungan hidup merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum suatu investasi atau usaha dijalankan. Oleh Karena itu, sebelum suatu usaha atau proyek dijalankan maka sebaiknya dilakukan terlebih dahulu studi tentang dampak lingkungan yang akan timbul, baik dampak sekarang maupun mendatang. Studi ini dikenal dengan nama analisis dampak lingkungan (AMDAL). Tujuan dan sasaran AMDAL adalah untuk menjamin agar suatu usaha maupun kegiatan pembangunan dapat berjalan secara terus menerus tanpa merusak dan mengorbankan lingkungan hidup.

   8 Aspek Organisasi
    Aspek organisasi merupakan bentuk kegiatan dan cara pengelolaan dari gagasan usaha yang telah direncanakan secara efisien. Struktur organisasi dapat ditentukan apabila bentuk dan sistem pengelolaan telah ditentukan secara teknis berdasarkan kegiatan usaha.

   9 Aspek Keuangan
Aspek keuangan menyangkut dengan perkiraan biaya investasi, perkiraan biaya operasi dan pemeliharaan, kebutuhan modal, sumber pembiayaan perkiraan pendapatan, dan perhitungan kriteria investasi. Selain perkiraan-perkiraan tersebut terdapat hal lain yang perlu diperhitungkan, antara lain break even point, payback period, proyeksi laba/rugi, proyeksi aliran kas dan dampak proyek terhadap perekonomian masyarakat.



Sumber:
Abriana, Andi. 2017. Teknologi Pengolahan dan Pengawetan Ikan: Fish Processing and Preservation Technology (IND SUB). Celebes Media Perkasa.
Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.
Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Indasah. 2020. ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Suharyadi, dkk. 2007. Kewiraushaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat.
Sudjatmoko, Agung. 2009. PANDUAN LENGKAP WIRAUSAHA Cara Cerdas Menjadi Pengusaha Hebat. Jakarta: Visimedia.
Shinta, Agustina. 2011. MANAJEMEN PEMASARAN. Malang: UB Press.
Wati, Prasetyo Andi. 2017. BUKU AJAR ASPEK HUKUM EKONOMI DAN BISNIS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar