1 Ringkasan Eksekutif
Ringkasan
eksekutif (Executive Summary)
merupakan ringkasan yang menjelaskan garis besar rencana bisnis atau poin-poin
kerjasama yang akan dibangun. Ringkasan eksekutif biasanya ditujukan untuk
proposal bisnis atau dapat juga digunakan untuk merekrut tenaga ahli dalam
sebuah institusi. Oleh karena itu, isi dari sebuah ringkasan eksekutif harus
mencakup poin-poin utama seperti latar belakang, deskripsi singkat, masalah
yang diselesaikan, target pasar serta proyeksi keuangan ke depan. Selain itu,
konten dari ringkasan eksekutif harus menyesuaikan ciri khas perusahaan. Tujuan
ringkasan eksekutif adalah untuk memberikan gambaran perencanaan pelaksanaan
secara komprehensif terhadap pembacanya.
2 Peluang Usaha
Peluang
usaha adalah kesempatan yang muncul akibat ketidakmampuan konsumen atau pasar
untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Konsumen atau pasar yang dimaksud adalah
orang, lembaga/institusi, serta masyarakat umum yang membutuhkan barang atau
jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Teknik sederhana untuk menemukan peluang
usaha dapat dilakukan dengan cara mengamati kebutuhan masyarakat sekitar,
melakukan observasi terhadap berbagai sumber daya yang ada untuk usaha, mencari
peluang usaha dari media, melakukan kerjasama dengan usaha yang telah ada,
mengembangkan hobi yang disenangi untuk bisnis, serta mencari informasi dari
teman sekaligus membangun relasi bisnis.
3 Pemasaran
Kegiatan
bisnis bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara transfer barang
maupun jasa ke pasar atau langsung ke konsumen. Pembelian berulang menjadikan
pendapatan semakin besar. Proses penciptaan nilai tersebut dilakukan melalui
kegiatan pemasaran terpadu atau yang strategi pemasaran. Strategi pemasaran
mengombinasikan berbagai hal terkait pemasaran dengan melakukan kegiatan yang
saling terkait antara penetapan produk, harga, distribusi, dan promosi. Semua
aktivitas pemasaran diarahkan untuk memengaruhi konsumen agar membeli produk
atau jasa yang ditawarkan dan memberikan kepuasan terhadap konsumen.
4 Konsep Produk
Terdapat
dua falsafah konsep produk. Pertama, falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk
yang tersedia dan harganya terjangkau serta manajemen harus berusaha keras
untuk memperbaiki produksi dan efisiensi distribusi. Konsep ini masih berlaku
dan bermanfaat jika dalam dua situasi yaitu bila permintaan akan produk lebih
besar dari penawarannya, yang kedua terjadi jika biaya produk terlalu tinggi
dan perbaikan produktivitas diperlukan untuk menurunkannya. Falsafah yang kedua
adalah konsumen menyukai produk bermutu terbaik dan sifat paling inovatif
danbahwa organisasi harus mencurahkan energy untuk terus menerus melakukan
perbaikan.
5.
Produk dan Teknologi
Produk
adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam ilmu marketing, dapat berupa apapun yang
dapat ditawarkan ke pasar dan dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan
konsumen. Produk berasal dari bahasa Inggris yaitu product yang memiliki arti sebagai sesuatu yang diproduksi oleh
tenaga kerja atau sejenisnya.
Teknologi
dapat diartikan sebagai barang yang dihasilkan oleh kegiatan manusia.
Pengertian ini merupakan definisi yang paling sempit, sesuai dengan akar
katanya yang berasal dari bahasa Yunani yaitu teche yang berarti seni kerajinan dan logia yang berarti perkataan. Teknologi dapat diartikan dari proses
kegiatan manusia yang menjelaskan kegiatan pembuatan suatu barang buatan
tersebut. Teknologi dapat juga diartikan sebagai kegiatan manusia dalam
merencanakan dan menciptakan benda-benda yang bernilai praktis.
6 Aspek Hukum dan Peraturan
Hokum
ekonomi merupakan sebuah keseluruhan kaidah-kaidah hokum yang sifatnya mengatur
dan mempengaruhi kehidupan perekonomian nasional suatu negara termasuk
masyarakatnya. Hokum ekonomi dapat bersifat privat atau publik, tertulis dan
tidak tertulis. Hokum bisnis atau business
law atau dalam bahasa Belanda bestuur
rechts merupakan sebuah kaidah hokum yang didalamnya mengatur segala
kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan perdagangan, industri atau keuangan
yang berkaitan dengan produksi, pertukaran barang atau pun distribusi. Kansil
(2011) mengemukakan bahwa hukum dapat digolongkan menjadi beberapa golongan
yaitu sumber, bentuk, tempat berlakunya, waktu berlakunya, cara mempertahankan,
sifat, wujud, maupun isi.
7 Aspek Lingkungan dan AMDAL
Lingkungan
hidup merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk dipertimbangkan
sebelum suatu investasi atau usaha dijalankan. Oleh Karena itu, sebelum suatu
usaha atau proyek dijalankan maka sebaiknya dilakukan terlebih dahulu studi
tentang dampak lingkungan yang akan timbul, baik dampak sekarang maupun
mendatang. Studi ini dikenal dengan nama analisis dampak lingkungan (AMDAL). Tujuan
dan sasaran AMDAL adalah untuk menjamin agar suatu usaha maupun kegiatan
pembangunan dapat berjalan secara terus menerus tanpa merusak dan mengorbankan
lingkungan hidup.
8 Aspek Organisasi
Aspek
organisasi merupakan bentuk kegiatan dan cara pengelolaan dari gagasan usaha
yang telah direncanakan secara efisien. Struktur organisasi dapat ditentukan
apabila bentuk dan sistem pengelolaan telah ditentukan secara teknis
berdasarkan kegiatan usaha.
9 Aspek Keuangan
Aspek
keuangan menyangkut dengan perkiraan biaya investasi, perkiraan biaya operasi
dan pemeliharaan, kebutuhan modal, sumber pembiayaan perkiraan pendapatan, dan perhitungan
kriteria investasi. Selain perkiraan-perkiraan tersebut terdapat hal lain yang
perlu diperhitungkan, antara lain break
even point, payback period,
proyeksi laba/rugi, proyeksi aliran kas dan dampak proyek terhadap perekonomian
masyarakat.
Sumber:
Abriana,
Andi. 2017. Teknologi Pengolahan dan
Pengawetan Ikan: Fish Processing and Preservation Technology (IND SUB).
Celebes Media Perkasa.
Firmansyah,
M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan
Merek: Planning dan Strategy. Penerbit
Qiara Media.
Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta: PRENADAMEDIA
GROUP.
Indasah. 2020. ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Suharyadi,
dkk. 2007. Kewiraushaan: Membangun Usaha
Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat.
Sudjatmoko,
Agung. 2009. PANDUAN LENGKAP WIRAUSAHA
Cara Cerdas Menjadi Pengusaha Hebat. Jakarta: Visimedia.
Shinta, Agustina. 2011. MANAJEMEN PEMASARAN. Malang: UB Press.
Wati, Prasetyo Andi. 2017. BUKU AJAR ASPEK HUKUM EKONOMI DAN BISNIS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar